Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika (UWIKA) mengadakan acara pengenalan kebudayaan Tiongkok di SD YPPI 2 Donokerto. Acara ini melibatkan partisipasi aktif dari native speaker Chen Yantong, laoshi Minny, laoshi Elisa, dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin (PBM). Tema yang diangkat kali ini adalah Dragon Boat Festival, sebuah perayaan tradisional yang kaya akan budaya dan sejarah.
Dragon Boat Festival, atau Duanwu Festival, merupakan salah satu perayaan penting dalam budaya Tiongkok yang diperingati dengan berbagai kegiatan khas. Dalam acara ini, siswa SD YPPI 2 Donokerto diperkenalkan dengan berbagai aspek perayaan Dragon Boat Festival. Mereka mendapatkan penjelasan tentang asal-usul dan makna perayaan ini serta tradisi yang dilakukan selama festival berlangsung.
Salah satu kegiatan menarik dalam acara ini adalah pembuatan kreasi “bakcang” (kue ketan berisi daging) dan “xiangbao” (kantong berisi wewangian) dari kertas lipat. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan tentang kebudayaan Tiongkok tetapi juga melibatkan siswa dalam kegiatan kreatif yang mendidik. Dibimbing oleh Chen Yantong, laoshi Minny, laoshi Elisa, dan mahasiswa PBM, siswa-siswa dengan antusias membuat bakcang dan xiangbao, yang merupakan bagian penting dari perayaan Dragon Boat Festival.
Melalui acara ini, diharapkan siswa SD YPPI 2 Donokerto dapat lebih mengenal dan memahami kebudayaan Tiongkok serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Selain itu, acara ini juga mempererat hubungan antara UWIKA dan SD YPPI 2 Donokerto dalam upaya bersama untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman budaya siswa.
Acara ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UWIKA untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan Tiongkok kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda. Kami berharap melalui kegiatan seperti ini, semakin banyak siswa yang tertarik untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Tiongkok serta menjalin hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Tiongkok di masa depan.